Wagub DKI Riza Patria Dipanggil Polisi Terkait Kerumunan di Acara Habib Rizieq

Setelah Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria yang menggantikan Sandiaga Uno ini juga dipanggil Polda Metro Jaya untuk dimintai klarifikasi terkait pelanggaran protokol kesehatan saat acara Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq Shihab pemimpin Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, 14 November 2020 yang lalu. Sebagaimana diketahui Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat pun sudah hadir ke Bareskrim Polri untuk dimintai klarifikasi terkait kerumunan besar di Megamendung, Jawa Barat yang juga dihadiri Rizieq Shihab. 

Situs berita terkenal kompas.com (19/11/2020) melaporkan keterangan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat yang mengatakan, bahwa ada empat orang akan diperiksa, salah satunya adalah Wagub DKI Jakarta. Lebih lanjut Tubagus kepada wartawan mengatkan bahwa, "Kami mau melanjutkan klarifikasi kepada empat orang. Rencananya Wagub DKI, Dinkes, Ketua Panitia, dan pihak Bandara (Soekarno-Hatta),"

Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI dipanggil Polda Metro Jaya (jakarta.tribunnews.com)

Riza Patria dipanggil untuk menggali keterangan untuk mengetahui status Pemprov DKI Jakarta saat kegiatan di kediaman Rizieq Shibab yang berlangsung di Petamburan dan menimbulkan kerumunan tersebut. Sebagaimana sudah diberitakan, Satgas Covid-19 juga telah melakukan tracing di sekitar wilayah Petamburan dan ditemukan kasus positif terkena virus Corona setelah dilakukan swab test. 

Pada 19 November 2020 news.detik.com melaporkan bahwa Riza Patria sendiri ternyata menghadiri acara Maulid Nabi di Tebet yang juga dihadiri Habib Rizieq pada Jumat (13/11/2020) yang lalu. 

Wakil Gubernur DKI Riza Patria tampak menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan. Kegiatan itu diselenggarakan oleh Majelis Taklim dan Zikir Al-A'faf pimpinan Alhabib Ali bin Abdurahman Assegaf dan juga dihadiri Habib Rizieq Syihab. Acara tersebut dihadiri banyak pengunjung dan undangan yang menimbulkan kerumunan besar di daerah tersebut. 

Sementara itu Syarif anggota Partai Gerindra yang juga anggota Fraksi Partai Gerindra di DPRD DKI Jakarta menurut laporan megapolitan.kompas.com (19/11/2020), Syarif menegaskan bahwa Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dipastikan akan kooperatif memenuhi panggilan dari Polda Metro Jaya. 

Lebih lanjut rekan Riza Patria itu mengatakan, bahwa "Dari awal kooperatif, sejak awal beliau kooperatif," Kemudian Syarif mengatakan bahwa pemanggilan terhadap pengganti Sandiaga Uno itu adalah sebatas klarifikasi. 

Seperti sudah diberitakan berbagai media online, surat kabar maupun televisi nasional kerumunan massa yang sangat besar terkait kehadiran Ketua FPI Habib Rizieq tidak hanya terjadi sekali.

Menutur catatan megapolitan.kompas.com (19/11/2020) Kerumunan terjadi ketika massa menyambut kedatangan Rizieq di Soekarno International Airport. Selain kerumunan besar, Terminal 3 yang belum lama diresmikan oleh Presiden Jokowi juga dirusak oleh sebagian massa yang menyambut ketua FPI tersebut. 

Kerumunan juga berlangsung di Jalan KS Tumbun di sekitar Petamburan, Jakarta Pusat dan kembali terjadi di kala FPI menggelar kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (13/11/2020). 

Lalu, pada Sabtu seminggu yang lalu, Rizieq Shihab menyelenggarakan acara pernikahan putrinya yang ternyata mengundang kerumunan di Petamburan. Rizieq menikahkan putrinya, Sharifa Najwa Shihab. 

Selain pesta pernikahan itu Rizieq juga sekaligus menggelar peringatan Maulid Nabi. Pada acara yang dihadiri begitu banyak orang sulit untuk melaksanakan Protokol Kesehatan terutama physical distancing atau menjaga jarak yang juga sering disebut social distancing. 


Comments

Popular posts from this blog

The human tragedy in many parts of the world

Human rights violations in the Middle East and beyond

Obama brought winds of hope to Cuba. Why the Republican disagree?